Jumat, 17 September 2010

Kisah Asli Beberapa Dongeng Terkenal

Hemm. Kalian tahu cerita dongeng Walt Disney yang sangat sangat sangat terkenal di dunia? Seperti Cinderella, Sleeping Beauty, Snow White, dsb.
Manis dan romantis bukan cerita-cerita dongeng itu? Pasti kalian tahu dong jalan cerita dongeng-dongeng itu?
Pertama, berterima kasihlah pada Hans Christian Andersen, Brother Grimms, dan Walt Disney. Karena mereka telah mengubah cerita horor nan tragis itu menjadi cerita yang manis dan menyentuh. 
Dinna tahu semuanya dari google (thanks google :) dan dinna baca semua tentang Cerita Asli Dongeng Anak. Terkejut, shock, dan sampai sekarang masih terbayang-bayang hal yang mungkin mengerikan dan sangat.. ngeeeh. 
Dongeng pembawa tidur nyenyak dan mimpi indah itu ternyata berbeda. Bukan begitu awal ceritanya. Mungkin jika kita dulu waktu kecil mendengar kisah asli itu pasti sampai sekarang kita akan masih terbayang-bayang SERAMnya cerita itu. Oke, maaf terlalu banyak basa-basi :) hehe, biasalah dinna kan cerewet.

Inilah beberapa kisah manis nan romantis yang ternyata sangat seram nan tragis :

1. Snow White

Snow White, dalam bahasa Indonesia berarti Putih Salju. Namun, kebanyakan anak-anak menyebut 'Putri Salju' entah dari siapa dan darimana itu berasal. 

Kisah manis tentang gadis paling cantik dan Ratu yang iri pada kecantikan Snow White. Berusaha membunuh dengan apel beracun. Namun, apel beracun itu kalah 'total' dengan cinta sejati dari sang pangeran. Dan akhirnya Ratu dihukum -entah diapakan- dan Snow White serta pangeran itu hidup bahagia selamanya.

Sebenarnya, cerita itu tak sesimpel itu. 
Ratu menyuruh salah satu pengawal untuk membunuh Snow White, dan dengan membawa jantung nya sebagai bukti atas kematian Snow White. Tapi, pengawal itu mengelabuhi sang Ratu dan yang dibawa hanyalah jantung seekor rusa. Sang ratu yang tak tahu apa-apa, memakan jantung -rusa- itu. Dalam maksud awal, akan tertular kecantikan Snow White (Ratu tidak tahu itu jantung rusa)

Di akhir cerita, Snow White dinyatakan meninggal setelah memakan apel beracun dari Ratu yang menyamar menjadi sesosok nenek tua penjual apel. Tapi, racun apel itu dengan mudah terkalahkan dari cinta sejati pangeran yang mencintai Snow White.
Dan saat acara pernikahan, Ratu itu diundang dan saat datang, alangkah terkejutnya. Sang Ratu telah disapa oleh sepatu yang sangat panas. Pangeran menghukum Ratu dengan memotong kedua kaki Sang Ratu dan menyuruhnya menari -dengan sepatu panas itu- di depan Snow White dan pangeran sampai mati.

Sungguh tragis bukan? Kejam sekali pangeran. Apel beracun dan penggalan kaki. Apa itu imbang?

2. Cinderella
Cinderella yang terdapat berbagai macam. Ada versi modern, seram, romantis, panjang, dsb. 

Fakta pertama yang dinna dapat : Sebenarnya sepatu yang dikenakan Cinderella itu bukanlah sepatu kaca yang mengkilap. Tetapi sepatu bulu. Terjadi kesalahan pada s
ang pencerita. Kata vair (bulu) dan vere (kaca) memang terdengar sama jika di baca.

Cerita asli Cinderella tidak sesimpel itu. Ibu tiri disini berjuang keras supaya salah satu anaknya itu dapat memakai sepatu kaca. Kakak tiri yang pertama, sepatu itu kekecilan dikenakannya. Sehingga, Ibu tiri memotong kaki itu sebagian supaya pas jika memakai sepatu itu. Pangeran yang tak tahu apapun, menikahi Kakak tiri Cinderella. Tapi, beberapa burung datang dan bernyanyian "dia bohong.. dia bohong.. dia bohong..," sehingga Pangeran mengembalikan Kakak tiri Cinderella itu. 
Kakak keduanya, sepatu itu kebesaran jika dikenakannya. Sehingga, ibu tiri melindaskan roda kereta kuda yang sangat berat ke kaki kakak tiri Cinderella -yang kedua- itu. Kakinya pun membengkak, dan pas menggunakan sepatu itu. Pangeran pun menikahi kakak tiri Cinderella -yang kedua- itu. Tapi, entah apa yang terjadi (dinna engga tahu) pangeran mengetahui semuanya dan mengembalikan lagi kakak tiri Cinderella -kedua- itu.

Akhir ceritanya, Cinderella menikah dengan Pangeran. Dan saat kedua kakak tiri itu datang ke acara pesta itu. Beberapa burung mematuk-matuk kedua mata masing-masing. Sehingga mereka berdua buta untuk selamanya. Begitu juga Ibu tiri Cinderella.

Dinna juga tahu ini dari kakak dinna (Thanks mbak arin. luv yuu) kakak dinna katanya pernah lihat film Cinderella versi... ehm. apa ya? Pokoknya bukan Walt Disney.

Tragis? Kasian sih sama kakak-kakak tirinya. Ikut kena getahnya Ibu mereka. Ibunya paling kejam.

3. Hans and Gretel
Cerita lucu tentang dua saudara yang di buang oleh orang tua mereka di hutan dan menemukan rumah kue dan bertemu penyihir yang ingin memakan mereka. Tapi mereka berhasil lolos. Itulah cerita dari Walt Disney. Sesungguhnya tidak.

Cerita aslinya, orang tua dua saudara ini psycho. Suka melihat darah. Sehingga orang tua mereka suka menyayat kulit mereka hingga darah merah segar mengalir. Orang tua mereka itu justru tertawa senang melihat darah yang mengalir dari anaknya itu. 

Hansel and Gretel tak tahan, dan akhirnya kabur dari rumah. Dan menemukan rumah 
terbuat dari kue dan coklat. Sungguh terkejutnya, ternyata rumah itu dihuni oleh sesosok nenek tua yang kanibal (suka memakan sesama manusia) dan akhirnya, dua anak itu dimakan oleh Nenek tua yang tinggal di rumah kue coklat itu.

Ini cerita yang pertama kali mengangkat tema Kanibalisme.
Sehingga, sesungguhnya hanya cocok dilihat orang dewasa. Jika kita masih kecil melihatnya? Tak dapat terbayangkan ketakutan kita.

4. Little Red Riding Hood
Cerita gadis berkudung merah ini lumayan terkenal. Dan nyaris dibuat film. Di cerita yang kita kenal, gadis ini dikejar serigala namun akhirnya selamat. Sesungguhnya tidak.

Cerita aslinya.
Ibu si kudung merah menyuruh anaknya itu membawa bekal pada Neneknya yang sakit. Dan nenek itu tinggal di hutan. Ibu si kudung merah menyuruh anaknya berangkat subuh-subuh. Namun, entah apa yang terjadi, ia justru berangkat malam-malam. Dan hasilnya, ia dikejar-kejar oleh serigala ganas yang ada di hutan itu.

Ia memang berhasil lolos, tetapi. Ada tetapinya nih. Saat sampai di rumah neneknya, ternyata nenek pun telah di makan oleh serigala lain. Akhirnya, anak itu juga dimangsa oleh srigala.

Katanya juga, cerita ini diambil dari kisah nyata kejadian abad 18 di Eropa. 
Bayangkan jika kita saat kecil menonton film dengan cerita asli? Uuh. Berterima kasih pada Allah SWT yang telah menakdirkan HS Andersen mengubah alur cerita itu.

5. The Little Mermaid

Maaf ya engga bisa pasang foto. Soalnya susah banget engga bisa bisa. Hehehe. Ini cerita terakhir. 
The Little Mermaid, dan biasa dikenal dengan Putri Duyung (lagu Under The Sea, pasti kalian tahu) cerita yang kita kenal, putri duyung itu akhirnya menikah dengan Pangeran yang juga mencintainya. Tidak. semua itu bukan cerita asli. Hanya rekaan ulang Walt Disney.

Cerita aslinya, putri duyung itu tidak hanya mempunyai kaki dan mengejar cinta pangeran begitu saja. Tetapi, ia juga dibekali pisau tajam yang tertata rapih di rambut panjang bergelombang yang tebal. Untuk apa? Untuk membunuh orang yang curiga terhadapnya. Dia melakukan hal itu untuk menjaga jati dirinya dan menyelamatkan kerajaan Neptunus dan spesies Mermaid di laut agar tidak menjadi buruan manusia. 

Sayang sekali perjuangannya sia-sia. Cintanya bertepuk sebelah tangan. Dan ia membunuh dirinya sendiri dengan pisau yang terselip di rambut tebalnya itu.
Di buku HS Andresen versi komik yang dinna baca sih, Ariel bunuh diri dan menjadi buih. 

Sadis? Ya. Seram? Mungkin. Lucu? TIDAK. Hahahaha. Mungkin seram juga jika kita melihat kartun versi aslinya. Penuh darah. Seperti film Merah Putih II (Darah Garuda) hahahaha.

Mungkin boleh dinna tambah satu cerita lagi? Dinna tahu dari kakak dinna (thanks again mbak arin) 

6. Sleeping Beauty

Pendek saja deh. Katanya, ayah Aurora itu menikah dengan apa itu namanya? Monster? Bukan bukan. Pokoknya kaya Shrek itu, tahu kan film Shrek? Nah, jadilah Aurora adalah sesosok raksasa.
Yah mungkin cuma itu. Jadi sesungguhnya Sleeping Beauty itu adalah raksasa. konyol ya? Hahahaha.

Oke. itu sedikit cerita dari dinna, semoga kalian suka :* dan dinna bisa sedikit membantu kalian. 

Terima kasih telah membaca dan mampir ke blog Dinna :) 
Sampai jumpa lagi pembaca! ^

3 komentar:

  1. widih,ga disangka2 kalo cerita versi disney-nya keren2 pas aslinya... huhh-,-

    BalasHapus
  2. litlle mermaidnya engga bunuh diri , tapi perjanjiannya sama penyihir laut sebelum matahari terbenam kalo litlle mermaid tidak bisa mendapatkan cinta sejatinya ia akan menjadi buih laut. dan pisaunya itu bukan disimpen di rambut, pisaunya dikasih sama sodari2nya litlle mermaid buat menusuk jantung pangeran supaya litlle mermaid bisa jadi duyung lagi. tapi litlle mermaid nggak sanggup membunuh cinta sejatinya. what a beautifull tragic :')

    BalasHapus